jump to navigation

Touring Dadakan Menuju Dieng Memakai Skutik Januari 19, 2014

Posted by Tupanx in Uncategorized.
Tags: , , , ,
trackback

Oke, hari itu adalah hari yang cerah. Semua orang sudah siap melakukan perjalanan pagi itu. Jangan dikira kita berpuluh-puluh orang ya, nyatanya kita hanya ber-empat dengan 2 motor skutik Yamaha Mio J dan Honda Beat. Perjalanan dimulai dari kota Gombong tercinta. Ada 2 alternatif menuju Dieng yaitu lewat Kebumen-Wadaslintang-Wonosobo-Dieng atau Gombong-Banjarnegara-Dieng. Rute yang akan kita coba adalah rute kedua yang ane sendiri belum pernah lewatin itu rute. Manasin motor lalu bergegaslah kita melakukan perjalanan pagi yang indah, lewat Waduk Sempor lanjut hutan (karet/pinus ane ga paham). Sampailah kita di wilayah Banjarnegara, ane ngisi full BBM si mio di salah satu SPBU disana. Lanjut ambil kiri arah Karangkobar. Jalan lumayan mulus walaupun tanjakan seringkali dijumpai disana. Ane pikir perjalanan akan lebih cepat daripada lewat Kota Wonosobo, eh meleset, malah lewat Karangkobar ternyata lumayan lama. Sempat juga motor satunya si Beat ngisi full BBM di SPBU daerah Karangkobar, punya ane indikator bensin masih full.

touring dieng

Sampailah kita di Dieng langsung masuk area Kawah Sikidang. Foto-foto, sholat, lanjut makan mie gelas di parkiran Kawah Sikidang juga. Lumayan murah ane pikir, di tempat wisata kok harganya cuma IDR 5.000/cup 😀 Lanjut lagi ke Komplek Candi Arjuna. Cuaca kurang mendukung gan. Jam 1 siang mendung sudah menggantung pertanda akan hujan, setelah dirasa cukup lalu diputuskan kita pulang aka turun gunung. Rute yang disepakati akan ditempuh adalah Wonosobo-Wadaslintang-Kebumen-Gombong. Di tengah perjalanan, rombongan ane sempetin tuh foto dengan latar gapura “Dieng Plateau” soale kalau liat orang main ke Dieng pasti foto di tempat itu. Kapan lagi coba bisa ke Dieng lagi. 😀

Tak disangka hujan turun begitu deras di wilayah Selomerto, kita neduh dulu di SPBU Selomerto sampai agak terang soale ada yang kelupaan bawa raincoat. Oke, lanjut walaupun gerimis romantis karena jam menunjukan jam 4 sore. Pas perempatan Sawangan ambil kiri, jalan menanjak lagi berkelok-kelok bak sirkuit Sepang 😀

Iseng mampir di Waduk wadaslintang untuk sekedar melihat pemandangan dan istirahat. Lanjut, jalan yang kita lewati bukan via Prembun melainkan jalan alternatif yang tembus ke Alian, Kebumen. Jam 6 pas ngisi BBM lagi di SPBU Kebumen walaupun bensin ane masih banyak. Mungkin karena pengaruh Beat belum injeksi dan kapasitas tanki yang lebih kecil makanya dia habis duluan. Kita semua laper gan, makan dulu di pusat kota Kebumen. Ane lupa nama warungnya tapi mirip-mirip cafe lesehan gitu deh, pokoknya timur SMP. Nila bakarnya + sambalnya lumayan sedap. Setelah dirasa cukup kita bergegas pulang ke rumah masing-masing. Nantikan cerita perjalanan selanjutnya ya. Semoga bermanfaat 😀