jump to navigation

Sunset di Gunung Api Purba Nglanggeran Januari 19, 2014

Posted by Tupanx in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

nglanggeran gunungkidul

Ngeblog lagi dah daripada bengong di kamar. Berbeda dengan perjalanan ke Dieng yang dimulai dari rumah ane di Gombong, kali ini titik start dimulai dari kost ane di wilayah Condongcatur, Sleman,Yogyakarta. Kali ini rombongan menggunakan 3 motor terdiri dari 5 orang termasuk ane. Oke, tau kan Nglanggeran? Belum tau? Oke deh, Nglanggeran adalah Gunung Api Purba yang terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya cukup dekat dengan Kota Yogyakarta. Yaa sekitar 30 menit berkendara dari pusat kota.

Perjalanan dimulai jam 4 sore karena niat untuk menikmati sunset di puncak, isi BBM dulu di SPBU Babarsari lanjut via Janti, sampai di perempatan ringroad jalan wonosari ambil kiri arah wonosari. Mlipir dulu di Indomar*t beli minum botolan untuk persiapan hiking . Lanjut lagi perjalanan, baru naik dan kelak-kelok bentar menggeber mio J ane ternyata sudah sampai perempatan Patuk yang ada pos polisinya. Ambil kiri lah kita, kontur jalan masih kelak kelok meskipun mulus, namun di beberapa titik dijumpai jalan berlubang dan bergelombang. Skip.. Sampailah kita di parkiran dan membayar biaya retribusi masuk Nglanggeran. Ane dibayarin jadi ga tau berapa duit masuknya 😀

hiking nglanggeran

Hiking dimulai, dengan semangat 45 kita melewati tangga-tangga yang ada. Di beberapa tempat kita harus melewati trek yang lumayan sulit. Bongkahan batu sebesar gaban harus dilewati menggunakan tali yang sudah disediakan. Untuk yang berbadan kecil mungkin enteng saja, tapi untuk yang agak gemuk mungkin terasa sangat menguras tenaga. Untung ane kecil dan kuat 😀

Pos demi pos dilewati, setiap pos berhenti untuk sekedar minum dan berfoto-foto ria. Semakin naik kita menghampiri trek yang lumayan yaitu kita harus melewati jalan sempit yang diapit oleh batu super besar. Sebenarnya untuk mencapai puncak tidaklah begitu lama, cukup 30-60 menit untuk sampai puncak. Sampailah kita di puncak. Pemandangan sunset yang indah tidak lupa diabadikan. Foto bareng menjadi ritual wajib kalau jalan2 rame2 gini.

DSC01261

Setelah dirasa cukup dan adzan maghrib sudah berkumandang, akhirnya kita turun gunung. Dari puncak sampai tempat parkir hanya puluhan menit saja. Istirahat, sholat, lanjut pulang deh. Nantikan cerita perjalanan selanjutnya ya. Semoga bermanfaat 😀

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: